Festival Tetabuhan, Usir Sepi di Awal Puasa - Untuk mengusir sepi dan lesu di awal puasa, manajemen Mall Ciputra Semarang, Jawa Tengah, menggelar Festival Tetabuhan “Ramadhan Attraxtion” di atrium lantai dasar, Senin, 1 Agustus 2011. “Suara tetabuhan yang rancak mampu mengusir sepi. Mendorong seseorang bergerak dinamis,” ujar juru bicara Mall Ciputra Semarang, Aisa R. Jusmar. Dia menambahkan, “Kami ingin, meski menjalankan puasa, tapi masyarakat tetap dinamis.”


Festival ini terbuka untuk umum. Peserta dibebaskan menggunakan alat apa pun yang bisa dipukul dan bisa menghadirkan harmoni suara. Ada yang menggunakan kendang, ember, kentongan, galon air minum, botol, pipa, perabot dapur, dan aneka barang yang bisa menghadirkan bunyi. Terkumpul tujuh kelompok perkusi yang menyemarakkan festival ini.

Hasilnya, suasana mal yang sebelumnya sepi, berubah menjadi riuh. Ratusan pengunjung beringsut mendekati panggung.




Festival Tetabuhan
Selain festival tetabuhan, manajemen mal juga menyuguhkan acara band, fashion show busana muslim, dan nasyid. Acara yang digelar sejak pukul 14.00 WIB ini berlangsung hingga magrib tiba.

Pengelola mal juga menyediakan takjil gratis bagi ratusan pengunjung selama bulan puasa. Setelah membatalkan puasa, pengunjung masih disuguhi musik jazz dalam acara "Jazz in Mall".

Sementara itu, di Taman Satwa Taru Jurug, digelar acara memancing bersama. Kegiatan itu diadakan untuk menarik minat pengunjung.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa Taru Jurug, Lilik Kristianto, menerangkan, Taman Jurug selalu sepi pengunjung selama Ramadan. “Biasanya tidak sampai 10 ribu orang dalam sebulan,” katanya kepada wartawan, Senin, 1 Agustus 2011.

Padahal, rata-rata pengunjung Jurug dalam sebulan bisa mencapai 22 ribu orang. Lilik mengatakan, kegiatan memancing bersama akan berlangsung hingga akhir bulan puasa.

Direktur Operasional Taman Jurug Windu Winarso menambahkan, pada Ahad, 31 Juli 2011 malam, pengelola Taman Jurug sudah melepas sekitar 2 kuintal ikan berbagai jenis untuk dipancing pengunjung. “Dengan membayar Rp 40 ribu per orang termasuk tiket masuk ke Taman Jurug, pengunjung bebas memancing sebanyak-banyaknya,” ujar Windu.

Selama Ramadan, Liliek juga berencana mengadakan hiburan dan bazar yang menjual sembilan bahan pokok, mulai pertengahan Agustus mendatang. Hiburan dan bazar akan dimulai pukul 15.00 sore hingga magrib tiba. “Sekalian menunggu berbuka puasa,” katanya.

Bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai jadwal puasa ramadhan 2011 sekaligus jadwal sholat 2011 dan juga bacaan niat puasa ramadhan maupun bacaan doa buka puasa bisa anda klik pada bagian kata yang sudah saya tandai barusan.
 
Top